Saturday, May 27, 2017

Rumah Bu Haji di Bakar Massa Mobil dan Rp 300 Juta Ikut Hangus, Ini Penyebabnya!

Rumah ukuran 20x5 meter milik Hj Nining itu ludes terbakar.
Rumah ukuran 20x5 meter milik Hj Nining itu ludes terbakar. (Radar Cianjur/JawaPos.com)


Sebuah rumah warga di Kampung Jangari, RT: 0/11, Desa Bobojong, Kecamatan Mande, Kabupaten Cianjur, dibakar massa, Minggu (22/5) sekitar pukul 20.00 WIB.

Rumah ukuran 20x5 meter milik Hj Nining itu ludes terbakar. Bukan hanya itu, satu unit mobil Toyota Rush nopol B 308 ANI dan uang Rp 300 juta ikut hangus terbakar.

Informasi yang dihimpun Radar Cianjur (Jawa Pos Group), kejadian bermula dari kaksus pemukulan yang dilakukan Indra (30), anak Hj Nining terhadap korban Ujang (37) tetangganya, Sabtu (20/5) sekitar pukul 23:30 WIB.

Akibat pemukulan itu wajah Ujang luka memar. Kini permasalahan tersebut ditangani oleh Polsek Mande dan akan diselesaikan secara kekeluargaan.

Namun, setelah pemukulan hingga sebelum pembakaran Indra tidak berada di tempat. Hal itu memicu emosi warga. Warga secara spontanitas merusak dan membakar rumah dan mobil miliki Hj Nining.

”Massa yang melakukan pembakaran sekitar 300 orang. Setelah melakukan penyerangan dan pengrusakan yang disertai pembakaran massa langsung membubarkan diri,” jelas Danrami Mande Kapten Indrian, yang ikut memadamkan api.

Masih beruntung, dalam kejadian itu tidak ada korban jiwa. Namun kerugian material mencapai Rp1 miliar. ”Di lemari dalam rumah itu ada uang tunai sebesar Rp 300 juta yang hangus. Terus mobil beserta isinya pun hangus. Kerugian sekitar satu milyar,” ujarnya.

Dia menambahkan, sekitar pukul 20:00 WIB, api dapat dipadamkan dengan mengerahkan dua unit Pemadam Kebakaran (Damkar) dari Pos Ciranjang dan Cikalongkulon untuk selanjutnya kasus ini ditangani oleh Polsek Mande guna penyidikan lebih lanjut.

”Situasi sekarang sudah aman dan kondusif, jajaran anggota Polsek Mande dibantu oleh Babinsa melaksankan penjagaan di TKP hingga saat ini menjaga hal tidak diharapkan terjadi,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Desa Bobojong H Ayi Abdul Hakim mengaku tidak tahu persis penyebab pembakaran yang dilakukan warganya. ”Kurang tahu persis penyebabnya apa, malam itu diperkirakan jumlah massa sebagian besar laki-laki ada mencapai ratusan," katanya.

"Isu dan informasi berkembang, pemilik rumah itu kurang berhubungan baik dengan warga sekitar, intinya kurang akrab sama tetangga lainnya,” paparnya didampingi staf desa. (mat/pj/yuz/JPG)

Sumber : jawapos

No comments:

Post a Comment